Berita

ADOPSI: TIDAK RUMIT DAN TANPA BAYAR

Senin Pahing, 15 September 2014 09:05 WIB 3404

Kepala Bidang Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi DIY, Drs Eko Darmanto, MSi menyampaikan, mengurus pengangkatan anak yang melalui prosedur resmi tidaklah rumit dan tanpa bayar.

Keseluruhan proses memang harus dilalui karena masalahnya adalah pengangkatan anak itu untuk kesejahteraan si anak bukan sebaliknya malah menelantarkan.

Memang banyak orang yang tidak mau repot untuk mengurus penhangkatan anak secara prosedural. Padahal, kalau tidak melalui jalur resmi, masa dean si anak akan direpotkan, misalnya ketika akan masuk sekolah, akan bekerja bahkan untuk urusan perkawinan.

Eko Darmanto juga mengingatkan kepada bidan untuk tidak memberikan surat kenal lahir kepada orang yang bukan orangtua kandungnya. Setiap kali bertemu dengan komunitas bidan yang tergabung dalam IBI (Ikatan Bidan Indonesia), Kepala Bidang PRS selalu mengingatkan hal itu.

Sementara Kepala Dinas Sosial DIY, Drs Untung Sukaryadi, MM menekankan, pengangkatan anak tidak semata-mata terfasilitasi pendidikan, kesehatan dan sandang, pangan dan tempat tinggal saja. Tapi juga harus terfasilitasi dalam hal legal aspek atau status.

Legal aspek ini kadang terabaikan oleh sebagian masyarakat, mungkin karena memang kurang tahu untuk pengurusan pengangkatan anak. Apalagi kalau ternyata sudah tahu tapi sengaja melakuukannya “di bawah tangan” dan dengan imbalan tertentu. Itu namanya trafficking atau perdagangan manusia dan sudah masuk kategori pelanggaran hukum.

Kepala Dinas Sosial DIY berharap kepada para pejabat di lapis bawah, seperti dukuh, lurah dan sebagainya untuk lebih berhati-hati bila ada warga yang meminta surat keterangan lahir. Sebab bisa jadi, bayi yang dilaporkannya itu adalah hasil dari jual beli.(*)