Berita

SOSIALISASI PERDA DAN PEMBINAAN GELANDANGAN PENGEMIS (GEPENG) TERUS DILAKUKAN

Rabu Pahing, 28 Januari 2015 09:29 WIB 4011

foto

Pemerintah Daerah DIY melalui Dinas Sosial DIY berkolaborasi dengan Satpol PP terus melakukan sosialisasi Perda No 1 Tahun 2014.Seperti yang dilakukan kedua instansi tersebut dibeberapa ruas jalan di Kota Yogyakarta mulai dari Tugu sampai dengan Titik Nol Kilometer yang dibagi dalam tiga kelompok.Setiap kelompok memberikan selebaran dan sosialisasi di jalan-jalan yang dilewati.setelah selesai melakukan kegiatan sosialisasi tersebut dilanjutkan kegiatan pembinaan kepada gepeng.

Seperti disampaikan pada berita sebelumnya isi Perda no 1 Tahun 2014 antara lain ancaman pidana dan denda terkait gelandangan dan pengemis (gepeng).Gepeng perorangan akan dikenai pidana 6 minggu atau denda Rp 10 juta, pemberi uang atau barang akan dikenai pidana 10 hari atau denda Rp 1 Juta, dan gepeng berkelompok akan dikenai pidana 3 bulan atau denda Rp 50 juta. Memperalat orang lain dikenai pidanan 1 tahun dan denda Rp 50 juta, mendatangkan gepeng dipidana satu tahun atau denda Rp 50 juta dan mengkoordinir gepeng dipidana 6 bulan atau denda Rp 40 juta.

Kabid Perlindungan dan Rehabilitasi Dinas Sosial DIY Eko Darmanto menyampaikan pada pekan lalu telah dilakukan penertiban gepeng di wilayah Kab. Bantul dan Kota Yogyakarta oleh Satpol PP, Kepolisian dan Dinas Sosial Kab/Kota. Di Bantul terjaring sebanyak 6 orang dan di wilayah Kota 11 orang yang kemudian ditempatkan di camp assesment untuk dilakukan pendataan dan pembinaan oleh Dinas Sosial.